BAZNAS TANAH LAUT DALAM PROGRAM TALA MENYAPA

BAZNAS TANAH LAUT MENJADI TAMU DI RADIO TUNTUNG PANDANG FM TANAH LAUT DALAM PROGRAM TANAH LAUT MENYAPA

Bertempat di Jl. Ahmad Syairani Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) berkesempatan berhadir ke Radio Tuntung Pandang FM Tanah Laut dalam Program Tanah Laut Menyapa. Dipandu oleh Moderator AS Maulana dan Muliyadi, Baznas Tala mengulas terkait optimalisasi penerimaan dan pemanfaatan zakat, infaq, dan sedekah di Tanah Laut. Kamis (12/3)

Perwakilan dari Baznas Tala yaitu Wakil I (Drs. H. Syamsul Fajerie, MM.MSi) menjelaskan bahwa pengumpulkan dana Baznas Tala selama ini melibatkan unsur perorangan, perusahaan, dan pemerintah daerah melalui para ASN.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun sejak 2016 kesadaran masyarakat Tanah Laut dalam menyalurkan zakat melalui Baznas terus meningkat. Dengan dana yang terkumpul kita bisa menyalurkan bantuan kepada para mustahik (golongan penerima zakat) yang membutuhkan tanpa prosedur yang rumit dan sesuai syariah. Misalnya apabila ada kejadian kebakaran atau warga sakit, Baznas bersinergi dengan Dinas Sosial dan instansi terkait ikut menyalurkan bantuan. Walau tidak banyak namun Insha Allah bermanfaat bagi para Mustahik”, ujar H. Syamsul.

Wakil I (Drs. H. Syamsul Fajerie, MM.MSi) juga menjelaskan bahwa bantuan dana yang telah disalurkan kepada para mustahik merupakan hasil pemgumpulan dana dari para muzaki di Kabupaten Tanah Laut.

“Kami sampaikan bahwa bantuan ini bukan milik Baznas, kami hanya meyalurkan amanah dari para muzakki (wajib zakat) yang kebanyakan dari mereka adalah ASN, pedagang, dan masyarakat yang memiliki rezeki lebih. Mohon doakan mereka semua”, ujar H. Syamsul.

Wakil II (H. Hasan Basri, S.Pd.I) mengungkapkan ada 5 program yang terdapat dalam Baznas Tala dalam membantu para mustahik. Diantaranya : TALA PEDULI bagi mustahik yang mengalami bencana seperti korban kebakaran, korban kebanjiran, bantuan biaya hidup, dan rehab rumah yang tidak layak huni. TALA MAKMUR bagi mustahik yang ingin bermodal dalam membangun usaha mereka. TALA SEHAT bagi mustahik yang memerlukan biaya untuk pengobatan. TALA CERDAS bagi mustahik yang memerlukan bantuan dalam biaya sekolah. Dan TALA TAQWA untuk para mustahik keagamaan Islam yang diberikan kepada kaum masjid, insentif guru mengaji/TPA, bantuan rehab masjid, langgar/mushalla dan sebagainya.

Wakil III (H. Zuchri, S.Pd.I) juga mengungkapkan dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, namun potensi zakat di Tanah Laut belum optimal seluruhnya. Zuchri menghimbau kepada masyarakat muslim di Tanah Laut untuk rutin menunaikan zakat infaq sedekahnya.

“Mari kita sama-sama menunaikan zakat infaq dan sedekah yang nantinya kita salurkan kepada seluruh mustahik. Dengan adanya pengeluaran zakat yang bagus ini, kita berharap bisa membantu mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan”, pungkas H. Zuchri.

 

Sumber : Diskominfo

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.